Thursday, March 3, 2016

MEMBUAT BIODATA DENGAN HTML

SEDIKIT PENGERTIAN TENTANG HTML

Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuahbahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah perintah HTML. 

Dokumen HTML mengandung perintah-perintah teks yang disebut tag untuk menampilkan tulisan, gambar, warna, suara, video, animasi serta link yang menghubungkan dengan berbagai topik. Dengan bentuk Hypertext maka halaman Internet akan dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan dengan cantik. Dalam konsep hypertext ini, pembacaan suatu dokumen tidak harus urut namun bisa meloncat antar topik bahkan di print maupun dicopy ke media penyimpan lokal (hardisk). Format hypertext juga memungkinkan pemakai mesin yang hanya bisa mengenali teks untuk mengakses dokumen dalam bentuk teks saja. Perbedaanya terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik, animasi, video, suara dan warna.

Jadi, HTML adalah bahasa kode pemrograman yang menjadi dasar terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh sistem komputer yang saling berbeda dapat mengenaliformat-format yang ditampilkan dalam situs-situs intermet tanpa perbedaan yang berarti, termasuk di dalamnya penampilan multimedia (grafik, suara dan citra video). HTML berbasis teks yang sangat sederhana dan praktis sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis komputer dalam platform sistem yang berbeda-beda.

TUTORIAL MEMBUAT BIODATA DENGAN HTML

1. Kita buka Notepad++ 
2. Selanjutnya kita klik "bahasa" lalu kita pilih HTML
3. Selanjutnya Salin kode berikut:

   <HTML>
   <HEAD>
   </HEAD>
   <BODY>
          <h2>Biodata : </h2>
          <p> Nama : MOHAMMAD RIZKI RIJALUDDIN</p>
          <p> TTL : TEGAL, 17 APRIL 1996 </p>
          <p> Alamat        : Ds. Bangun Galih Kec. Kramat Kab. Tegal</p>
          <p> Agama : Islam </p>
          <p> Jenis Kelamin : Laki-Laki </p>
          <p> Perguruan Tinggi : Politeknik Harapan Bersama</p>
   </BODY>                                                                                                               
   </HTML>

4. Kita save kode tersebut
5. Selanjutnya kita klik "Jalankan" pada Menu, lalu pilih Launch in Firefox


0 comments:

Post a Comment