Tuesday, November 11, 2014

Pengertian dan Manfaat Extranet

Pengertian extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan teknologi Internet dan sistem telekomunikasi publik untuk secara aman berbagi sebagian informasi bisnis atau operasi dengan pemasok, vendor, mitra, pelanggan, atau bisnis lainnya. Sebuah extranet dapat dilihat sebagai bagian dari perusahaan intranet yang diperluas ke pengguna di luar perusahaan. Ini juga telah digambarkan sebagai “keadaan pikiran” di mana internet dianggap sebagai cara untuk melakukan bisnis dengan perusahaan lain serta untuk menjual produk kepada pelanggan.

PENGERTIAN EXTRANET

extranet
extranet membutuhkan keamanan dan privasi. Extranet bisa termasuk firewall manajemen server, penerbitan dan penggunaan sertifikat digitals atau sarana serupa otentikasi pengguna, enkripsi pesan, dan penggunaan jaringan pribadi virtual ( VPN ) yang melalui jaringan publik.
MANFAAT EXTRANET
Hampir semua manfaat internet maupun intranet bisa didapatkan pada extranet, tentunya dengan berbagai kelebihan, karena pada dasarnya extranet adalah konsep intranet yang di perluas jangkauan geografisnya.
  1. File Sharing – Mungkin manfaat terbesar dari extranet adalah kemampuan mereka untuk berbagi file besar dengan mudah dan mulus. jauh lebih mudah, dari sudut pandang TI, untuk memberikan akses penerima data dari sumbernya, daripada mencoba untuk mengirimkan file besar melalui email, fax, atau surat kertas. Juga, jika informasi sensitif, terbatas akses pada jaminan extranet bahwa hanya mereka dimaksudkan untuk melihat file dapat melihatnya, dan informasi ini tidak terlihat dalam terjemahan oleh pihak ketiga yang tidak diinginkan.
  2. Virtual Private Networks – Extranet memungkinkan untuk pelaksanaan Virtual Private Networks (VPN) bagi karyawan yang ingin bekerja dari jarak jauh. Sebuah VPN memberikan pengguna berwenang akses ke data yang mereka butuhkan pada extranet, terlepas dari lokasi mereka. Ini berarti untuk peningkatan produktivitas untuk bisnis, karena memungkinkan bagi karyawan untuk bekerja secara efisien saat bepergian, dari rumah, atau dari perangkat mobile mereka.
  3. Web-Hosting – Menurut sebuah laporan tahun 2006 tentang penggunaan extranet oleh Majalah Inc, Karen Leavitt, wakil presiden WebEx mengatakan extranet merupakan ukuran penghematan biaya baik untuk usaha kecil. Karena semua data di-host di web, meminimalkan TI penyimpanan dan biaya pelaksanaan. Extranet memungkinkan untuk akses data real-time, yang bermanfaat untuk hosting web-rapat jarak jauh, jauh lebih murah daripada tatap muka komunikasi bisnis.
  4. Keamanan – Tingkat keamanan yang diperlukan untuk extranet bervariasi pada fungsi dari situs dan jaringan. Menurut Ray Wagner, wakil presiden penelitian Gartner Inc untuk, situs publik dalam teori merupakan extranet. Tingkat keamanan ditempatkan pada extranet adalah apa yang membuatnya begitu berguna untuk bisnis. Administrator dari sebuah extranet dapat menentukan tingkat akses dan interaktivitas pengguna atau kelompok pengguna dapat memiliki di situs. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyediakan fungsionalitas yang diperlukan untuk pengguna eksternal, sementara dengan mudah melindungi akses data sensitif, semua tanpa harus mengambil pendekatan padat karya untuk pengguna dan manajemen jaringan.

0 comments:

Post a Comment