Monday, November 10, 2014

Super Komputer



SUPER KOMPUTER
Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data, mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer dan juga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan yang dapat bekerja secara otomatis. Berdasarkan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah Super Komputer.
Super komputer merupakan salah satu dari jenis komputer yang memiliki kecepatan proses yang sangat tinggi. Super komputer biasanya dipergunakan di negara-negara maju atau perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti industri pesawat terbang Nurtanio. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.Salah satu contoh super komputer adalah Cray-2.
Ciri-ciri Super Komputer
  • Memiliki kemampuan yang sangat tinggi, seperti membaca atau menyadap berbagai data dari satelit
  • Kecepatan Proses yang tinggi
  • Menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan mainframe
  • Pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden.
  • Unggul dalam kecepataan dari komputer
  • menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit.
  • Menggunakan Hirarki pada memorinya didesain ini delakukan secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat
  • Sistem I/O didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.
Ditinjau dari segi fungsi atau Penggunaan, Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir, analisikrip. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama super komputer.

CONTOH SUPER KOMPUTER

Berikut ini ada beberapa photo menarik merakit SuperComputer di Eropa tepatnya di Research Institute Jülich Germany. SuperComputer ini mempunyai sebuah namaJUGENE

0 comments:

Post a Comment